Olahraga Pagi vs Olahraga Sore/ Malam

Wednesday, November 28, 2012 2 Comments

Seminggu terakhir ini saya mencoba membiasakan diri untuk berolahraga setiap pagi, 2 jam sebelum berangkat kerja. Yah, meskipun cuman di dalam kamar kosan, tapi dampaknya cukup saya rasakan. Enak juga ternyata bisa keluar keringat. Di samping, badan jadi segar dan pegel pegel, mengingat ini merupakan olahraga pertama kali dari sekian lama.. Hahaha..

Terakhir saya olahraga, mungkin setahun lalu. Saya biasanya cuman jogging. Tapi, karena dulu didukung juga jarak yang dekat dengan area yang nyaman buat jogging. Sekarang berhubung pindah kos, dapet yang *ternyata* jauh dari spot jogging, jadilah saya memutuskan untuk senam es-ka-je di dalam kamar aja, mengingat-ingat gerakan sewaktu gojlogan di esemka dulu. Terkadang loncat loncat kecil, lalu dilanjut peregangan, atau kadang kebalik dapet urutan yang bener, peregangan dulu baru dilanjut loncat-loncat kecil.. Yang penting, saya senam dulu.. :D


Waktu olahraga yang baik
Terus terang, saya lebih nyaman olahraga di pagi hari. Sekalian biar jadi semacem mood-booster gitu.. Biar lebih fresh. Saya pernah cari di Google, olahraga pagi vs olahraga malam. Menurut teori (hasil penelitian dari artikel yang saya baca), keduanya tidak jauh berbeda. Hanya saja, perlu penyesuaian-penyesuaian terkait waktu pelaksanaan olahraga. Kondisi badan yang kaku (belum lentur), suhu badan yang dingin di pagi hari tentu membutuhkan perlakuan lebih dibandingkan dengan ketika otot sudah berkontraksi dan lentur saat sore/ malam hari. Tapi, berdasarkan pengalaman saya, olahraga pagi vs olahraga malam mempunyai efek yang berbeda.

Olahraga pagi
  1. Setelah habis olahraga, peluh bercucuran, sambil telentang pendinginan di dalam kamar, saya sering bilang, "Aaah.. I'm so liiiiive..!", saking its great sensation :D
  2. Rasanya, saya menjadi lebih siap untuk menjalani aktifitas. Pikiran lebih jreng gitu.
  3. Tidak ada waktu berleha leha setelah olahraga, paling hanya setengah jam pendinginan, sambil minum susu, habis itu sudah harus mandi
  4. Dari Google disarankan untuk sarapan dulu 2 jam sebelum olahraga. Tapi saya kalau pagi, tidak sempat broo.. Bangun jam berapa, internetan berapa jam, kalo pake acara makan dulu, gak kesampean! :(
  5. Capai baru kerasa kalau sudah di tempat kerja. Kadang karena saking lapernya, makan banyak. Walhasil, ngantuk >.< Seringnya saya kalo sarapan gak pake nasi. Cuman sarapan telor 2 butir ato ayam 1 potong + sayur. Tapi kadang kalau olahraganya over ya tetep ngantuk juga :D
Olahraga malam
Saya tidak punya referensi yang cukup masalah olahraga malam. Yang jelas kemaren dulu sewaktu terpaksa olahraga malam, saya sebenarnya dalam kondisi habis sakit. Lagi lagi dari referensi Google, kalau sakit tidak parah parah banget, olahraga tetap bisa dilakukan. Tapi karena waktu cari referensinya nanggung (udah hampir jam 8 pagi), jadilah pagi tidak sempat olahraga. Seharian, beuh.. badan rasanya pegal pegal semua. Kayaknya efek tidak olahraga kemaren + pagi itu deh. Jadilah, malamnya saya olahraga dengan intensitas yang saya kurangi dan tidak sampai exhausted. Hasilnya, badan agak seger dikit tapi ketika tiduran telentang dengan maksud pendinginan di lantai, malah kebablasan sampe pagi. Duh! Dalam masa tidur itu, saya beberapa kali bangun cuman rasanya kok badan pegal pegal semua. Jadinya, mulai sekarang, kalau gak kepepet banget, kayaknya saya gak bakal olahraga malam deh.. :3

Kesimpulan
Saya lebih memilih olahraga pagi. Lebih ngeh-lah. Lebih pas dan enak (baca : nyaman) buat saya. Tapi tergantung juga dengan situasi dan kondisi sih..

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Do you think I forgot to change this text? No, dude. I did it on purpose ahahahay..

2 comments

Write comments
Solochanger
AUTHOR
April 3, 2013 at 6:39 AM delete

saya juga lebih suka olahraga pagi ^^

Reply
avatar
June 24, 2013 at 3:08 PM delete

Salam Kenal Gan.....
habis baca artikelnya Gan bikin saya tambah semangat untuk senam pagi.
oh ya apakah gan tau tempat baju senam Di Surabaya ?
Trims Gan Infonya

Reply
avatar