Indonesia pernah punya propinsi. Sekarang?

Tuesday, November 27, 2012 2 Comments

Indonesia dulu memang pernah punya propinsi. Berarti sekarang Indonesia tidak punya propinsi? Tidak. Ya,, Anda tidak salah baca. Dan saya tidak salah ketik. Lalu bagaimana dengan yang selama ini sudah kita pelajari bersama? Ada apa dengan propinsi-nya Indonesia? Dicaplok Malaysia-kah? Huss..

 Ini tidak ada hubungannya dengan masalah perpolitikan maupun perpartaian di Indonesia, meskipun kalau mau, bisa saja dihubung-hubungkan. So, balik ke topic, ada apa dengan propinsi?

Menurut sepemahaman saya, di Indonesia tidak ada propinsi. Karena adanya provinsi. Itu sepemahaman saya dari sewaktu belajar Bahasa Indonesia. sejak SD Tapi, pada kenyataannya banyak yang menuliskan kata propinsi ini, bahkan di kalangan PNS sekalipun. Sungguh ironis. Bukti : klik.


Sejarah Kata 'Propinsi'
Langsung ke sumber referensi.
 ..Kata ini diserap dari provincie (Belanda) atau province (Inggris). Dulu, entah pada KBBI berapa, mungkin kata ini pernah dieja dengan huruf “p”. Yang jelas KBBI III telah mencantumkan entri provinsi, bukan propinsi. Sayangnya, cukup banyak instansi pemerintah yang belum menyadari ejaan yang baku untuk kata ini dan masih menganggap orang Indonesia kesulitan mengucapkan fonem "v".. -- sumber
Dengan keterangan di atas, berarti benar jika propinsi 'pernah ada' di Indonesia. Tapi itu dulu. Dan sejauh 'penelitian' saya, yang banyak menggunakan kata 'propinsi' adalah orang orang jadul.

Masih kurang, referensinya?
..Dalam bahasa Inggris terdapat kata province, yang menurut Pedoman Pembentukan Istilah, huruf v diindonesiakan tetap v. Oleh karena itu, province diindonesiakan menjadi provinsi, bukan propinsi... - sumber
 Nah lo,,

Kesimpulan
Soo, dengan demikian, mari menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jangan mengembangkan bahasa anak alay! Jangan koar-koar jika suatu saat nanti Bahasa Indonesia dicaplok Malaysia (Duh! Lagi lagi Malaysia) atau kalah bersaing dengan Australia, yang sudah memasukkan pelajaran Bahasa Indonesia ke kurikulum pendidikan di sana. Ini Enelan! #eh

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Do you think I forgot to change this text? No, dude. I did it on purpose ahahahay..

2 comments

Write comments
Harmony Magz
AUTHOR
November 27, 2012 at 3:44 PM delete

Bukannya bermaksud SARA, tapi yang saya ketahui masyarakat generasi tua tidak bisa mengucapkan "V" itu dari Jawa Barat. :) Makanya memang benar kalau pernah ada propinsi. :)

Reply
avatar
thom me
AUTHOR
November 27, 2012 at 3:54 PM delete

Nah, kan. Benar.. Gak usah jauh jauh ke Jawa Barat deh bro, generasi tua di Jogja juga ada yang masih memakai ejaan 'p' kok :)

Reply
avatar