Menghilangkan Kantuk ala Saya

Monday, April 09, 2012 2 Comments

Sebelum masuk ke topik, ijinkan saya memberikan sedikit preamble terlebih dahulu. Kali ini, saya akan menyajikan sebuah posting yang menggunakan per-saya-an. Sekian.

Mengantuk? Sepertinya bukan barang baru lagi bagi kita. Semua orang pasti mengalaminya. Dan mengantuk yang akan dibahas di sini bukanlah sembarang mengantuk. Ini perihal mengantuk ketika di tempat kerja.

Nah, posting ini akan menjadi saaaangat special, mengingat yang akan menjadi nara sumber adalah saya sendiri, the best sleepy head. Sekali lagi, batasannya adalah mengatasi rasa kantuk di tempat kerja. Mengingat saya kurang bisa menahan kantuk kalau sudah di kosan (di luar jam kerja atau lebih tepatnya di jam jam istirahat di kosan).

Mari disimak..

Disclaimer : Silahkan aplikasikan tips tips ini kalau mungkin nyaman/ sesuai dengan Anda. Dilarang komplain jika tipsnya tidak bekerja.

Persiapan


  1. Ukur tingkat kantuk Anda
    Cara mengukurnya cukup sederhana, sih.. Cukup Anda sendiri yang bisa mengatakan bahwa kantuk Anda itu termasuk kantuk ringan, kantuk sedang atau kantuk berat. Kantuk ringan adalah kantuk yang datang ketika habis makan siang/ suasana kantor yang sepi. Kantuk sedang adalah kantuk yang dialami oleh Anda Anda yang terlalu kecapekan bekerja juga ketika kecapaian bekerja  digabung dengan kenyang sehabis makan ditambah lagi dengan suasana kantor yang sepi. Sedangkan kantuk berat adalah seperti ketika Anda tidak tidur semalaman + kecapaian bekerja + kondisi kenyang.

Prime time

  1. Tulis email
    Ini saya buktikan sendiri ketika harus menahan kantuk yang teramat sangat, saya alihkan konsentrasi bekerja ke aktifitas menulis email. Yang menjadi point utama adalah menulis email. Tidak peduli Anda mengirim email ke bos Anda yang isinya kurang lebih : "Bos, saya ngantuk lhoo..." atau bagaimana.
  2. Main Mahjongg
    Kegiatan ini akan membuat otak kita kembali siaga karena harus menyelesaikan permainan dengan cepat (mengejar waktu secepatnya) dan membutuhkan konsentrasi dalam mencocokkan gambar.
  3. Senam badan sederhana
    Bisa juga dengan meregangkan tangan dan kaki Anda sembari duduk dan mengarahkan pandangan ke lain sisi. Lakukan latihan ini kurang lebih 5 menit untuk hasil maksimal. Jika Anda mau dan bisa, silahkkan berlari-lari kecil naik turun tangga kantor (kalau ada) ataupun lari keliling kantor.
  4. Putar lagu kesayangan Anda
    Jangan lupa, kalau bisa ikut bernyanyi-nyanyi kecil sekaligus untuk melatih vokal Anda
  5. Chatting + Social Networking
    Tidak ada yang lebih manjur dari ini. Mungkin bisa Anda coba kalau bisa.
  6. Surfing
    Kaskus, Kompas, Detik dan Yahoo! Indonesia cukup manjur kalau misalkan Anda belum membaca berita mereka sebelumnya. Silahkan cari referensi lain yang mungkin bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kantuk.
  7. Toilet
    Cuci muka Anda supaya tidak kusut dan tidak kelihatan mengantuk. Rasakan sensasi dingin dan segar yang akan Anda dapatkan
  8. Tulis Blog
    Anda punya blog? Kalau iya, lakukan update blog. Hal tersebut cukup membantu (bagi saya)
  9. Tidur
    Ini merupakan senjata pamungkas yang cukup manjur jika Anda tidak kuat lagi menahan kantuk, asal dilakukan dengan baik dan benar. Tertarik dengan point ini? Simak blog saya untuk update-an selanjutanya mengenai bahasan ini, yang belum tau kapan akan saya publish atau bahkan tulis.
Demikianlah sekelumit tips yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengatasi rasa kantuk Anda. Sebenarnya, masih ada yang lain, tapi 9 point di atas sudah cukup yahud. Semoga tips di atas bisa membantu Anda menyelesaikan masalah per-kantuk-an Anda.

Ingat : Mengantuk adalah lumrah dan hal biasa. Tapi, kantuk pun seharusnya pada tempatnya.


________________________________________
**Mas boleh nanya?**
Saya : "Ehemm.. oh iya, silahkan.."
**Di atas tadi sebelum tips itu, yang bagian persiapan itu lhooo, mas..**
Saya : "Iya?"
**Nah, itu fungsinya buat apaan? Kok sepertinya tidak ada tindak lanjutnya?**
Saya : "Oh,, itu. Itu sih buat pengetahuan saja, sih, ya.. Siapa tahu besok ada yang menanyakan, ya to?"
**(╯‵□′)╯︵┴─┴**

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Do you think I forgot to change this text? No, dude. I did it on purpose ahahahay..

2 comments

Write comments
April 10, 2012 at 7:51 AM delete

Aku nek ngantuk trus main mahjong malah turu mas...
Nek ngantuk yo cari wudhu, keluar bentar cari udara segar, 5 menit balik lagi... hehehe...

Reply
avatar
thom me
AUTHOR
April 10, 2012 at 9:51 AM delete

Hohoho... makanya itu, saya menyediakan disclaimer mas beroo :D
Sudah diantisipasi hehehehe..

Reply
avatar