[Dont??] Judge Book by Its Cover

Monday, December 26, 2011 4 Comments

Udah familiar dengan quotes dalam judul di atas kan yah? Dont judge book by its cover. Kurang lebih kalau diartikan jangan menilai orang dari penampilan luarnya. Ya, itu memang benar. Banyak buku yang cover-nya biasa namun isinya luar biasa. Lagi pula, yang diperlukan adalah ilmu yang terkandung didalamnya bukan? So, it must not be a big problem.

[Masalah]
Sebenernya sepele sih. Cuman kok ya rasa-rasanya tetep perlu diutarakan. Mungkin temen-temen udah ada yang tahu, tapi biarkanlah saya ini menguraikan dalam bahasa dan sudut pandang saya. Masalahnya ya si judul tadi, dont judge boot by its cover. Mari kita 'lihat' dari sudut pandang dont judge book by its cover yang menyiratkan 'penampilan itu tidak penting'..

Kita pernah kan ya, beli buah/ sayur atau yang lain. Yang pertama kali kita perhatikan apanya? Si its cover. Tentunya kita akan memilih barang yang 'cover'-nya masih bagus. Entah rasanya bagaimana, tetapi penampilan tetap mempunyai daya tarik tersendiri. Jarang bahkan mungkin tidak ada yang 'ah milih ini aja deh (sambil mengambil buah yang udah lecek hampir busuk --keliatannya)'. Demikian juga ketika memiih sayur. Dan itu berlaku pada hampiri seluruh aspek. Sudah menjadi 'rahasia' marketing jika 'pandangan pertama begitu menggoda'.

Jika yang dipentingkan 'isinya' maka, ketika ada exhibition, mungkin di stand-stand akan di desain 'ala kadarnya', tidak ada sexy-dancer, tidak ada SPG yang dandan serba cantik, dan sebagainya. Para marketer di setiap penyelenggara pameran/ perusahaan yang sedang mempromosikan produknya, pasti mengetahui akan pentingnya 'its cover'-nya ini. Jadi, menjadi 'sesuatu' (banget yah??) tidak boleh ditinggalkan/ diabaikan begitu saja. Entah isi/ layanan yang ditawarkan tidak secantik para SPG-nya, yang terpenting, target terpenuhi.

Tapi, memang lagi-lagi tetap dont judge book by its cover, untuk keseluruhannya. Jangan sekali-sekali terpikat oleh penampilan saja/ tertipu penampilan. Yang jelek belum tentu bagus, yang bagus belum tentu jelek. Gadget Cina, tau kan? Penampilan boleh elegan. Tapi dalemannya lihat dulu. Tahu product Apple? iPad? iPhone? Dont judge book by its cover, ha? :)

Yang jelas, semakin 'profesional'/ bagus suatu product, semakin bagus pula 'cover'-nya. Dan 'rego gowo rupa' --harga mencerminkan kualitas, seperti yang pernah saya bahas di Jer Basuk Mawa Bea : Ana rega ana rupa.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Do you think I forgot to change this text? No, dude. I did it on purpose ahahahay..

4 comments

Write comments
I2-Harmony
AUTHOR
December 25, 2011 at 11:33 AM delete

Memang, don't judge book by its cover harus dipahami dengan totalitas, bukan setengah-setengah. Ada sesuatu yang memang bisa judged by its cover, ada yang tidak. :)

Yang harus kita lakukan adalah berpegang pada fakta dan bukan asumsi. :)

Reply
avatar
Nishi
AUTHOR
December 25, 2011 at 12:08 PM delete

BB Torch, Samsung Galaxy Wonder, Samsung Tab Wifi, Samsung Tab 10', Ipad, iphone Apple, USD, IDR, Yen, Gold @[email protected]

Reply
avatar
thom me
AUTHOR
December 26, 2011 at 6:36 AM delete

@I2-harmony
Yep. musti memandang dari segala sisi istilahnya :)

@Nishi
Dagang mbak? :D Btw, ganti nama nih ceritanya? xixixi

Reply
avatar
ronexs
AUTHOR
December 27, 2011 at 1:13 PM delete

setujuh gan .. penampilan emang perlu untuk menunjukkan kualitas kita, tapi yang penting isinya berkualitas dulu baru dikasih skin yang bagus, jangan kebalik

Reply
avatar